Karya Ilmiah

Perbandingan Kekuatan Geser Dan Lentur Balok Bambu Laminasi Dengan Kayu

Admin | Sabtu, 17 April 2017 - 10:45:08 WIB | dibaca: 72 pembaca

            Dalam kontruksi bangunan ada 3 jenis bahan utama yaitu kayu, baja dan beton. Antara ketiga bahan tersebut kayu merupakan bahan yang banyak digunakan pada setiap fungsi bangunan mulai dari persiapan sampai finishing. Kekurangan menggunakan bahan kayu yakni kayu dapat mengalami kerusakan baik dari jamur mupun rayap, semakin mahalnya harga kayu dipasaran, serta sulit didapat.

            Berdasarkan uraian diatas maka bambu dapat digunakan sebagai bahan pengganti kayu dengan cara dilaminasi. Bambu yang digunakan ada tiga jenis yakni : bambu petung, bambu ori, dan bambu wulung. Sebagai pembanding saya gunakan kayu jati dan mahoni. Dan sebagai perekat digunakan lem Epoxy. Untuk pembuatan bambu laminasi itu sendiri sebagai berikut ; bambu di potong membentuk persegi panjang sehingga menjadi venir, kemudian bambu dioven hingga mencapai kadar air 15%, lalu venir-venir bambu yang sudah dioven direkatkan dengan lem epoxy dikedua sisi. Susunan laminasi menggunakan bentuk carvel (batu bata). Pengujian meliputi uji kuat lentur dan uji kuat geser.

Dari hasil pengujian yang dilakukan didapat sebagai berikut , kuat geser rata-rata kayu jati 24,59 MPa, kayu mahoni 17,19 MPa, laminasi bambu petung 10,22 MPa, laminasi bambu ori dan bambu wulung sama yaitu 9,42 MPa. Sementara untuk kuat lentur rata-rata kayu jati yaitu 55,68 MPa, kayu mahoni 31,88 MPa, laminasi bambu petung 22,61 MPa, laminasi bambu ori 34,13 MPa, laminasi bambu wulung 15,98 MPa.(Rosyid Setiawan Nur Pratama)










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)