Latar Belakang

Admin | Selasa, 28 Januari 2014 - 18:53:24 WIB | dibaca: 3107 pembaca

Dalam rangka untuk turut berkontribusi dalam pembangunan dan pemecahan masalah terkait permasalahan transportasi di Indonesia, maka dipandang perlu untuk dibentuk suatu pusat studi transportasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Beberapa alasan internal yang terkait dengan penilaian borang akreditasi Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta, ditemukan adanya beberapa komponen dalam elemen penilaian yang perlu peningkatan signifikan demi meningkatkan nilai akreditasi yaitu :

 

1. Upaya untuk menjamin keberlanjutan (sustainability) Program Studi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta dan upaya untuk pelaksanaan dan hasil kerjasama kemitraan, dimana perlu langkah-langkah sistematis dan terencana untuk melaksanakan kerjasama kemitraan tersebut.

2. Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam tiga tahun terakhir :

  • Prestasi dalam mendapatkan penghargaan hibah, pendanaan program dan kegiatan akademik dari tingkat nasional dan internasional; besaran dan proporsi dana penelitian dari sumber institusi sendiri dan luar institusi.
  • Reputasi dan keluasan jejaring dosen dalam bidang akademik dan profesi.

3. Upaya peningkatan suasana akademik :

  • Kebijakan tentang suasana akademik, Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana, Program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik
  • Kebijakan tentang suasana akademik, Ketersediaan dan jenis prasarana, sarana dan dana, Program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik

4. Interaksi akademik berupa program dan kegiatan akademik, selain perkuliahan dan tugas-tugas khusus, untuk menciptakan suasana akademik (seminar, simposium, lokakarya, bedah buku dll).

5. Pengembangan perilaku kecendekiawanan.

6. Produktivitas dan mutu hasil penelitian dosen dalam kegiatan penelitian, pelayanan / pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama, dan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

7. Kegiatan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa program studi yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan (kerjasama, karya, penelitian, dan pemanfaatan jasa/produk kepakaran).

8. Jumlah dan mutu kerjasama yang efektif yang mendukung pelaksanaan misi program studi dan institusi dan dampak kerjasama untuk penyelenggaraan dan pengembangan program studi.

 

Untuk menindaklanjuti hasil evaluasi diri tersebut di atas, maka perlu dibentuk sebuah unit dibawah program studi Teknik Sipil yang dipandang mampu untuk bisa meningkatkan penilaian akreditasi. Dalam hal ini, unit yang rencananya akan dibentuk adalah berwujud pusat studi yang diberi nama “Pusat Studi Transportasi (Centre for Transportation Studies)”. Selain dimaksudkan untuk bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas riset secara signifikan, pusat studi ini diharapkan mampu meningkatkan suasana akademik yang kondusif serta meningkatkan kerjasama dengan institusi lain dalam bentuk kerjasama kemitraan riset, konsultansi dan pelatihan