Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuhu

Saya dengan senang dan bangga memperkenalkan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik UMS yang merupakan bagian dari perguruan tinggi swasta terbesar di Jawa Tengah. Program ini didesain dalam rangka untuk mencetak tenaga ahli di bidang perencanaan, pengawasan, pelaksanaan, pengoperasian dan pembongkaran Bangunan Infrastruktur.

 

Program Studi Teknik Sipil  Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta didirikan pada tahun 1981, berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0330/0/1981 tentang Perubahan Bentuk IKIP Muhammadiyah Surakarta menjadi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Akreditasi terakhir yang dilakukan adalah pada tahun 2014, yaitu memperoleh tingkat akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan BAN_PT Nomor 037/BAN-PT/AK.XI/S.1/I/2009.

Program ini dirancang untuk ditempuh selama 4 (empat) tahun untuk menyiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja di bidang jasa konstruksi di tingkat Nasional maupun Regional dengan dibukanya. Model pengajaran yang diterapkan adalah berimbang antara teori dengan praktek sehingga mahasiswa memiliki kemampuan akademik dan keterampilan yang mumpuni. Kurikulum yang diterapkan telah memenuhi kurikulum KKNI dan mengacu pada frame work International curriculum for engineering CDIO.

Staf pengajar adalah Alumni Perguruan Tinggi ternama baik di Indonesia maupun di luar negeri, seperti: ITB, UGM, ITS, UNDIP, RMIT University (Australia); University of Newcastle, University of Nottingham, University of Leeds,University of Loughborough danUniversity of Manchester (UK).

Program studi teknik sipil UMS menawarkan pilihan keahlian struktur, transportasi, keairan (hidro), dan geoteknik yang memberikan peluang bagi para lulusannya untuk bekerja di berbagai bidang profesi teknik sipil seperti: konsultan, kontraktor, peneliti, dosen, appraisal, wirausahawan, dan sebagainya

Ketrampilan mahasiswa selain diasah di bangku kuliah juga diiringi dengan kegiatan kunjungan lapangan, kegiatan lomba-lomba dan kegiatan kuliah dengan praktisi. Beberapa prestasi mahasiswa yang membanggakan diantaranya:

  1. Juara 1 Earthquake Resistance design di Universitas petra Surabaya tahun 2019
  2. Juara 1 Balsa Bridge Competition di Universitas Negeri Semarang tahun 2018.
  3. Juara Nasional public speech contest 2014.
  4. Juara II lomba Nasional Indocement Award.
  5. Wisudawan terbaik se-Universitas Muhammadiyah Surakarta 2013.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website atau menghubungi no kontak kami.