Balsa Bridge Challenge

Perlombaan Balsa Brigde Challenge merupakan serangkaian dari acara Civil Affect yang diadakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UMS bertujuan untuk mencari bibit atau penerus baru dikalangan mahasiswa dan siswa SMA / SMK di seluruh Indonesia yang berkompeten dalam bidang konstruksi jembatan. Serta menggali dan mempertajam ilmu dibidang Teknik Sipil. Dalam perlombaan tersebut dapat diterapkan beberapa ilmu yang ada di bangku sekolah maupun kuliah. Dalam perlombaan ini, disain dan perhitungan struktur masing – masing peserta yang akan diadu untuk mendapatkan siapa yang terbaik.

Seminar Nasional CA

Seminar Nasional Civil Affect merupakan serangkaian dari acara Civil Affect yang diadakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UMS bertujuan untuk memberi wawasan serta ilmu pengetahuan dalam dunia konstruksi baik bidang struktur, air dan sebagaianya dengan mengundang pembicara dari luar kampus. Seminar Nasional merupakan program kerja wajib untuk dilaksanakan, karena dengan adanya Seminar Nasional di kalangan mahasiswa, mahasiswa dapat memperoleh perkembangan informasi tentang perbaruan teknologi yang dipakai di lapangan.

Pengajian Akbar

Pengajian Akbar merupakan serangkaian dari acara Civil Affect yang diadakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UMS bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama, keimanan, dan ketaqwaan umat kepada Allah SWT. Selain itu, pengajian akbar juga merupakan sarana dakwah untuk masyarakat dan pada khususnya mahasiswa umum Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sehingga harapan setelah diadakannya pengajian tersebut, mahasiswa dapat menerapkan ilmu – ilmu yang disampaikan pengisi acara untuk menambah nilai positif dalam hidup

Civil Expo

Kegiatan Civil Expo ini merupakan salah satu rangkaian acara Civil Affect yang diadakan Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil UMS untuk memperkenalkan Jurusan Teknik Sipil kepada masyarakat umum. Selain juga bertujuan untuk memberi informasi tentang Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta, baik mengenai kegiatan perkuliahan, fasilitas yang tersedia, serta memberitahukan kepada masyarakat luas mengenai prestasi – prestasi yang telah diraih oleh Jurusan Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan mengenai rangkaian acara Civil Affect dan segenap rangkaian acara yang ada didalamnya.

Clossing Ceremony

Closing ceremony merupakan upacara penutup serangkaian acara yang di selenggarakan oleh KMTS yaitu Civil Affect. closing ceremony CA merupakan acara puncak yang sebelumnya ada beberapa acara besar lainnya seperti Balsa Bridge Challenge,Pengajian akbar, dan Seminar Nasional. Closing Ceremony CA diadakan pada tanggal 30 November 2019 di de Tjolomadu. De tjolomadu merupakan gedung yang cukup terkenal di daerah colomadu Karanganyar,Jawa Tengah. Closing Ceremony sendiri merupakan event penutup yang merupakan gong dari semua acara Civil Affect dengan bertakjub konser music dengan berbagai artis nasional dan daerah.

Closing Ceremony CA sendiri mengundang 4 artis local seperti Civil Ranger,baku hantam,fisip meraung dan Ilux,juga mengundang 1 artis nasional yaitu maestro kroncong terkenal yaitu Didi kempot. Closing ceremony ini dimulai pukul 15.00 WIB dan diakhiri pukul 22.00 WIB. Acara ini setidaknya dihadiri 1000 pengunjung lebih yang kebanyakan merupakan kaum millennial yang sedang menggandrungi sosok didi kempot ini yang sedang viral viralnya dengan sebutan the godfather of broken heart.

X